Rabu, 17 Januari 2018

Penyebab berat badan wanita meningkat saat haid

Penyebab berat badan wanita meningkat saat haid,- Kenaikan berat badan merupakan masalah bagi wanita. Biasanya berat badan dikaitkan dengan terlalu banyak makan. Namun, ternyata selama datang bulan berat badan wanita juga cenderung meningkat.

Seperti diketahui, selama haid wanita dihadapkan dengan beberapa masalah mulai dari perut kembung, sakit kepala, perubahan suasana hati, mual, kram perut, kelelahan, stres, hingga meningkatnya nafsu makan.

Menurut para ahli, wanita yang tidak aktif secara fisik saat menstruasi maka berat badannya bisa naik. Lonjakan berat badan bisa berkisar antara 1 sampai 2 kg, bahkan bisa saja sampai 5 kg.

Karena itu, wanita disarankan untuk tetap aktif bergerak saat sedang haid karena ini tidak hanya membantu mengurangi kram pada perut, tetapi juga membantu menurunkan berat badan.

ada beberapa alasan kenapa wanita mengalami kenaikan berat badan selama menstruasi.

Kurangnya aktivitas fisik
Sering mengkonsumi junk food dan makanan berkalori tinggi selama haid berlangsung. Oleh karena itu, kurangnya aktif secara fisik akan menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaiknya tetap bergerak untuk membakar kalori bahkan saat hari pertama periode berlangsung.

Magnesium
Magnesium yang turun mengakibatkan tingkat insulin dan kebutuhan gula dalam tubuh meningkat, sehingga secara tidak langsung menyebabkan kenaikan berat badan.

Depresi
Ini adalah salah satu dari banyak hal yang dihadapi wanita saat menstruasi berlangsung. Wanita yang mengalami depresi memiliki kecenderungan untuk makan lebih banyak dan berdiam diri tanpa melakukan aktivitas. Hal ini menyebabkan kenaikan berat badan.

Faktor umur
Seorang wanita yang usianya menginjak 30 tahun, kemungkinan akan merasa lelah dan tidak mampu aktif seperti pada usia 20-an karena metabolisme tubuh yang semakin menurun. Sehingga apa yang ia makan akan mengendap.

Hidrasi
Saat menstruasi, berat badan seorang wanita dapat berfluktuasi sekitar 2 kg tergantung pada jumlah air atau makanan yang ia konsumsi. Dalam kasus ini, berat badan secara bertahap akan menurun setelah selesai haid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar